Selasa, 01 Mei 2012

Nah buat kamu yang masih menganggap daun sirih itu identik sama nenek-nenek kakek-kakek..mmm udah saatnya kalian delete dehh itu argumen dari memori kamu...dan yang masih ngakak tertawa ria bahagia dengan puasnya denger cerita atau lihat temen kamu yang mengkonkumsi daun sirih entah yang direbus terus meminum airnya atau yang di tumbuh atau apalah..saatnya kamu tutup rapat gaya tertawa lebarmu itu, karena khasiat daun sirih itu luar biasa adanya, entah itu daun sirih merah/hitam/hijau...mmm yang tua yang sehat yang muda yang semakin sehat..udah deh stop gaya kamu yang sedikit-sedikit minum obat, coba yang alami dulu dehhh baru obat..kenapa? karena obat itu kan kandungan kimia nya banyak..jadi coba BACK TO NATURE duluuuu...heheheheheh
*yahuuut bener itu ocehan ocin :P :)

cekidooooooooooooot!!!!


Kegunaan/khasiat daun sirih merah 


Diantara daun sirih yang paling banyak manfaatnya dan paling banyak dimanfaatkan oleh orang adalah daun sirih merah. Ya, daun sirih merah memiliki beberapa kahasiat yang disebabkan oleh kandungan di dalamnya dan diatara khasiat dan kandungan daun sirih tersebut adalah :
  1. Senyawa flavonoid dan polivenol : Khasiat daun sirih merah untuk kesehatan dari kandungannya ini diantaranya berfungsi sebagai antikanker, antiseptik, antiflamasi, antioksidan, dan antideabetik.
  2. Senyawa alkoloid : Khasiat daun sirih merah untuk kesehatan dari kandungannya ini bermanfaat dalam menghambat tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh.
  3. Senyawa polevenolad, tanin, dan minyak atsiri : Saya tidak secara spesifik menerangkan mana dari ketiga kandungan ini yang khasiatnya dapat merangsang saraf pusat dan kualitas daya pikir kita. Namun, khasiat tersebut terbukti dari hasil penelitian.

Ada banyak lagi khasiat daun sirih merah yang dihasilkan dari kandungannya yang mungkin saja anda tidak percaya, tapi mungkin hal ini bisa anda cari sendiri kebenarannya di blog lain. Dan diatara khasiat daun sirih merah yang saya maksud tersebut adalah sebagai obat keputihan, mencegah ejakulasi dini, antikejang, antiseptik, analgetik, antiketombe, mengendalikan gula darah, lever, antidiare, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meredakan nyeri. Juga dipercaya mampu mengatasi radang paru, radang tenggorokan, radang gusi, hidung berdarah atau mimisan, mematikan jamur Chandida albicans penyebab sariawan, erkhasiat mengurangi sekrasi pada liang vagina, keputihan dan gatal-gatal pada alat kelamin, sekaligus sebagai pembersih luka (efek antiseptik), dan dapat juga mengatasi berbagai gangguan gula darah, peradangan akut pada organ tubuh, luka yang sulit sembuh, kanker payudara dan kanker rahim, leukemia, TBC dan radang hati, wasir, jantung koroner, darah tinggi, serta asam urat. Dan mungkin masih banyak lagi khasiat dari daun sirih merah yang tidak bisa saya sebutkan semua.

Kegunaan/khasiat daun sirih hijau 


Sebenarnya daun sirih yang umumnya dikenal adalah daun sirih hijau. Ya, dikenali dari daun dan batangnya yang hijau sehingga dinamakan dengan daun sirih hijau. Begitupun dengan khasiatnya, khasiat daun sirih hijau tidak jauh berbeda dengan daun sirih merah pada umumnya, tapi untuk memastikan perbedaannya simak saja beberapa khasiat dari daun sirih hijau berikut ini :
  1. Berkhasiat mengobati keputihan
  2. Berkhasiat mengobati bau mulut tidak sedap
  3. Berkhasiat mengobati sariawan
  4. Berkhasiat mengobati sakit gigi dan gusi bengkak
  5. Berkhasiat membantu mengobati deman berdarah
  6. Berkhasiat memperlancar haid yang tidak teratur
  7. Berkhasiat mengobati Asma
  8. Berkhasiat mengobati radang tenggorokan
  9. Dapat digunakan untuk membersihkan mata
  10. Dapat menghilangkan bau ketiak
  11. Mengobati mimisan
  12. Mengobati luka bakar
  13. Menghilangkan gatal
  14. Mengobati eksim

Kegunaan/khasiat daun sirih hitam 


Sebenarnya khasiat daun sirih hitam belum banyak yang melakukan penelitian tapi konon kabarnya sirih hitam mempunyai khasiat lebih tinggi dari daun sirih merah dan mungkin ini sebabnya daun sirih hitam harganya lebih tinggi dari jenis daun sirih lainnya. Tapi, perlu juga diketahui kalau daun sirih hitam ada dua jenisnya, yaitu daun sirih hitam yang daunnya tebal dan tangkai daunnya kehitam-hitaman dan juga yang daunnya agak tipis. Berikut gambarnya :

daun sirih hitam

Sebagaimana diketahui juga sirih hitam mempunyai beberapa khasiat yaitu cuci darah, darah tinggi, bronchitis, dan batuk rejan. Dan adapun cara menggunakan daun sirih hitam yaitu 3 helai daun sirih hitam dicuci kemudian direbus dan diminum setelah air rebusannya dingin. Tapi, jangan berlebihan dalam mengkomsumsi obat herbal karna dosisnya bisa saja tidak sesuai dengan kemampuan tubuh anda menerima khasiatnya.

edited by ME (saya)
source by http://www.inabuy.com/2012/04/khasiat-daun-sirih-merah-hijau.html

0 Comments:

Post a Comment